Inilah Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Anda Sering Ditolak Perusahaan

Siapapun orangnya tentu saja pernah berada dalam fase mencari kerja bahkan sering juga mengalami penolakan. Hal ini seakan membuat anda merasa patah semangat. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada anda. Usahakan untuk mencari tahu mengapa surat lamaran tersebut bisa ditolak. Setidaknya coba saja membuka beberapa contoh surat lamaran kerja yang sudah tersedia di internet. Dari sana anda bisa belajar akankah pembuatan surat sudah benar ataukah belum.

www.masukuniversitas.com

Tentu saja menyebalkan sekali jika kita sudah kirimkan surat lamaran kerja berulang kali namun tetap saja mengalami penolakan. Dari sini mulailah untuk mengevaluasi diri. Sebetulnya apakah ada yang salah saat pembuat surat lamaran kerja tersebut. Dari pada penasaran sebaiknya simak beberapa alas an mengapa surat lamaran anda diacuhkan perusahaan. Di antaranya:

  • Tata paragraf masih berantakan

Surat lamaran kerja tentu saja salah satu surat resmi yang ditulis menggunakan tata paragraf rapi. Isinya terdiri atas pembuka, perkenalan secara singkat, data diri, maksud sekaligus tujuan, lampiran berkas dan CV bahkan juga bagian penutupnya. Usahakan cantumkan juga posisi yang saat ini ingin anda lamar. Penulisan data diri pun perlu lebih singkat dengan mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah bahkan nomor yang bisa dihubungi. Informasi yang terbilang jelas tentunya bisa membuat bagian HRD menindaklanjuti surat lamaran anda.

  • Banyak kesalahan dalam pengetikan

Sebaiknya anda menghindari kesalahan dalam pengetikan. Sebab hal tersebut menjadi kesalahan besar yang nantinya bisa membuat anda tidak diterima kerja. Hal ini soalnya menyangkut ketelitian calon pelamar kerja. Terlebih dalam penulisan nama, gelar maupun posisi yang nantinya bakalan dilamar harus jelas dan detail. Periksa kembali tulisan anda jika memang sudah selesai dan pastikan tidak ada lagi kesalahan dalam pengetikannya.

  • Bahasa terbilang tidak formal

Perlu anda ingat untuk surat lamaran kerja ini memang bersifat formal. Jadi usahakan tata bahasanya harus tepat dan pergunakan bahasa yang formal. Hal ini tak lain supaya surat lamaran kerja anda menarik minat HRD untuk membacanya. Pergunakan saja diksi maupun ejaan yang benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Dengan memperhatikan beberapa alasan mengapa surat lamaran kerja ditolak. Semoga saja anda mampu membenahi pembuatannya sehingga surat lamaran kerja pun terbilang lebih menarik. Akan lebih baik lagi apabila anda memperhatikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang saat ini sudah tersedia di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *